PROFIL

PROFIL

Jika seseorang berpikir bahwa cinta dan perdamaian adalah sebuah hal klise yang harus ditinggalkan di era enam puluhan, itu masalah dia. Cinta dan perdamaian itu abadi.”

John Lennon

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT-RI) melalui Pusat Media Damai membentuk Duta Damai Dunia Maya yang tersebar di berbagai provinsi termasuk salah satunya di regional Jawa Timur, yaitu dengan merekrut sekitar 60 pemuda di kota Malang dengan berbagai latar berlakang, baik suku ras agama dan antar golongan, yang masing-masing mempunyai keahlian di bidang IT, Blogger, dan Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai relawan yang akan membantu aksi damai BNPT dalam upaya mencegah penyebaran paham-paham radikalisme dan terorisme khususnya di dunia maya.

Duta Damai Regional Jawa Timur dibentuk dan dikukuhkan pada 27 Juli 2017 yang lalu, guna menyebarkan konten-konten positif dan sebagai cara kontra narasi negarif di dunia maya. Serta untuk mencegah penyebaran konten-konten yang mengandung radikalisme dan terorisme serta informasi/berita palsu (hoaks).

Duta Damai Jawa Timur terbagi menjadi beberapa redaksi, yaitu Banter, Ngalam, Satujiwa, Ayas, dan Sahabat. Yang kesemuanya saling berkolaborasi dalam menyebarkan virus-virus perdamaian, tentunya dengan semangat kebersamaan demi melawan konten-konten negatif di dunia maya.

Tidak hanya berhenti di dunia maya, Duta Damai Jawa Timur juga melakukan beberapa kegiatan offline, seperti talkshow di radio maupun televisi, sosialisasi di sekolah maupun kampus tentang pentingnya berperilaku cerdas di dunia maya, serta kegiatan besar setiap tahunnya seperti melakukan seminar dan atau workshop “Gerakan Sekolah Anti Radikalisme” guna membekali para pelajar khususnya di Kota Malang untuk ikut serta menjadi agen perdamaian di lingkungan sekolah maupun secara umum lewat media sosial mereka masing-masing. Selain itu, juga berkolaborasi dan menjalin kerja sama dengan lembaga dan komunitas yang mempunyai visi yang sama dalam hal mengkampanyekan keberagaman dan perdamaian, serta telah berelasi dengan instansi pemerintahan seperti bakesbangpol, humas polres malang kota, dan juga instansi pendidikan di kota Malang.

Struktur Kepengurusan Duta Damai Jawa Timur

Badan Pengurus Harian:

  • Koordinator: Abdik Maulana
  • Sekretaris : Eko Bagus Prasetyoadi
  • Bendahara: Tika Desianawati

Bidang-Bidang:

  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
    Koordinator: Widyana Andika Adikrisna
  • Web/IT
    Koordinator: M. Syauqi Hanif Ardani
  • Blogger/Penulisan
    Koordinator: Al Muiz Liddinillah