BNPT Gelar Regenerasi Duta Damai Jatim dengan Protokol Kesehatan

BNPT Gelar Regenerasi Duta Damai Jatim dengan Protokol Kesehatan

            Dalam rangka menguatkan kerja-kerja dalam pencegahan gerakan radikalisme dan terorisme, Duta Damai Jawa Timur bekerjasama dengan Pusat Media Damai Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT RI) menyelenggarakan kegiatan “Regenerasi Duta Damai Dunia Maya Jawa Timur melalui Asistensi Bidang Penulisan, Desain Komunikasi Visual, dan Bidang IT dalam rangka Pencegahan Terorisme Bulan September Tahun Anggaran 2020”.

            Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Singhasari Batu,  Jawa Timur selama empat hari dimulai pada Senin-Kamis, 7 – 10 September 2020. Kegiatan ini diikuti oleh para generasi muda yang berasal dari berbagai daerah (kota) di Jawa Timur.  Kurang lebih 62 peserta yang mengikuti kegiatan ini, 40 diantaranya adalah anggota baru yang terpilih setelah proses seleksi yang sangat ketat.

BNPT Gelar Regenerasi Duta Damai Jatim dengan Protokol Kesehatan

            Pelatihan Duta Damai Jawa Timur ini merupakan generasi kedua sejak tahun 2017 lalu. Dan sebenarnya acara regenerasi duta damai Jawa Timur ini rencananya akan digelar di awal tahun, tetapi mengingat adanya ujian pandemi Covid-19 maka kegiatan terpaksa ditunda. Dan berdasarkan kebutuhan pelatihan ini tetap dilaksanakan tahun ini tetapi dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang sangat  ketat.

BNPT Gelar Regenerasi Duta Damai Jatim dengan Protokol Kesehatan
Rapid Tes untuk seluruh peserta, panitia, dan pemateri sebelum acara

 Regenerasi Duta Damai Dunia Maya Jawa Timur 2020 ini digelar dengan tujuan utama guna lebih menguatkan dan memasifkan kerja-kerja pencegahan dan penanggulangan gerakan radikalisme dan terorisme di Jawa Timur khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Mengingat radikalisme dan terorisme merupakan bahaya laten yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.

Sebelum kegiatan dimulai, setiap peserta yang baru hadir terlebih dahulu harus menjalani rapid test sebagai syarat untuk dapat mengikuti kegiatan, sedangkan yang reaktif dapat mengikuti pelatihan secara daring. Hal ini dilakukan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan baik dan tidak ada kluster baru penyebaran Covid-19.

            Acara ini dibuka langsung oleh Kasubdit Kontra Propaganda, Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko. Dalam sambutannya beliau berharap agar generasi muda dapat turut ambil bagian dalam upaya pencegahan segala bentuk gerakan dan tindakan radikalisme dan terorisme. Di tengah kemajuan teknolgi yang semakin cepat, tantangan dalam mengatasi gerakan radikalisme dan terorisme semakin kompleks, oleh karena itu  BNPT RI tidak dapat bekerja sendiri dalam menanggulangi tantangan ini, melakukan harus bekerja sama, dan berkolaborasi dengan seluruh elemen bangsa terutama generasi milenial untuk turut aktif dalam aksi pencegahan faham radikalisme dan terorisme.

            Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan duta damai dunia maya Jawa Timur juga bukan main-main. Para narasumber yang hadir guna memberikan pembekalan adalah berasal dari Pusat Media Damai Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT  RI) dan juga mantan Napiter. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para generasi muda (para peserta) mengenai arti dari radikalisme dan terorisme, serta cara yang dapat dilakukan guna mengatasinya.

            Dalam kegiatan ini, Mas Arif Budi Setyawan bercerita dan berbagi pengalamannya yang pernah terlibat dalam aksi terorisme. Beliau mengungkapkan bahwa ketika kita terlibat dalam gerakan radikalisme dan terorisme maka yang menanggung akibatnya bukan hanya pribadi, tetapi juga keluarga yang tidak ikut-ikut juga akan terkena dampak. Oleh karena ittu  pentingnya memahami ajaran agama secara mendalam dan moderat agar dapat terhindar dari pengaruh kelompok radikal dan teroris.

BNPT Gelar Regenerasi Duta Damai Jatim dengan Protokol Kesehatan

            Dengan mengikuti acara regenerasi duta damai Jawa Timur ini, para generasi muda ini mampu menjadi duta-duta yang mampu menebarkan pesan-pesan perdamaian. Yang akan membangun kontra narasi guna mengimbangi narasi-narasi negatif dengan pesan-pesan positif tentang kerukunan dan perdamaian. Peserta yang mengikuti Pelatihan regenerasi duta damai ini dibagi menjadi  tiga tim sesuai dengan kemampuan dan keterampilannya masing-masing.

            Tiga tim tersebut terdiri dari tim kepenulisan (blogger), Desain Komunikasi Visual (DKV) dan IT.  Para peserta regenerasi duta damai dunia maya 2020 resmi dikukuhkan di hari terakhir pelatihan (10/09/2020). Setelah resmi menjadi anggota keluarga  besar  Duta Damai Dunia Maya, para generasi muda ini akan ikut serta secara aktif fdan konsisten dalam mengkampanyekan narasi-narasi perdamaian serta berada di garda terdepan sebagai pilar utama dalam mencegah serta menangkal radikalisme dan terorisme. Demi terwujudnya kehidupan bangsa yang lebih aman, damai, tentram, dan sejahtera.

*Penulis: Nur Kholis (Duta Damai Jawa Timur 2020)

Tinggalkan Komentar