Sumber Ideologi Bernama Pancasila

Sumber Ideologi Bernama Pancasila

Sebagian orang masih belum bisa mengaplikasikan nilai-nilai Ideologi serta makna yang ada dalam Pancasila. Apa itu Pancasila? Pancasila adalah pilar ideologis negara Indonesia. Dalam bahasa Sansekerta: panca berarti lima dan sila adalah prinsip/asas selain itu, Pancasila merupakan rumusan atau pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia.

Ideologi Pancasila merupakan kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan, dengan memuat 5 sila didalamnya, yaitu:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Deputi Bidang pengkajian dan materi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Adji Samketo mengatakan bahwa pemuda-pemudi Indonesia generasi 1990-2000 an banyak yang belum memahami makna dan Ideologi Pancasila. Makna Ideologi Pancasila adalah hal yang perlu diketahui, karena saat ini Ideologi Pancasila sedang mengalami krisis akibat masuknya Ideologi asing atau paham asing.

Makna dari Ideologi Pancasila, memuat dua hal yaitu :

  1. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi cita-cita yang hendak dicapai sebagai pedoman hidup dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara.
  2. Pancasila disepakati bersama dan digunakan sebagai prinsip yang di pegang teguh dan menjadi sarana pemersatu bangsa Indonesia

Kedua makna diatas menjelaskan bahwa Pancasila menjadi fundamental dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai warga negara Indonesia. Jika wilayah di Indonesia memiliki kebijakan tanpa berlandaskan Pancasila maka aturan tersebut tidak akan berlaku. Maka dari itu Pancasila amatlah penting dan memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ideologi pancasila juga sangat berpengaruh menghadapi serangan paham radikal, dengan begitu kita bisa terus membangun jalan damai di negeri ini.

Sebab itu, sumber daya yang paling kuat dan paling besar adalah “Sumber Ideologi” yang bernama Pancasila. Ideologi Pancasila juga bersumber pada nilai-nilai luhur yang artinya Ideologi Pancasila terbentuk bukan hanya karena faktor kepribadian bangsa dan budaya. Namun, Ideologi Pancasila merupakan Implementasi dari berbagai faktor.

Penulis : Mouza Sutra Karmelia Putri Vito

Tinggalkan Komentar